Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Pabrik Cerdas
single-event-img-1

Posted by : Admin

TEKNIK FOTOGRAFI YANG DAPAT MEMBUAT TAMPILAN PRODUK LEBIH MENARIK

Halo Sobat Cerdas . . .

Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua sehat selalu ya.

 

Sebelum kita masuk ke teknik fotografi yang membuat produk menarik, mimin mau bertanya dulu nih.  Apa yang ada di pikiran sobat cerdas saat memikirkan kata “fotografi”? Pasti di pikiran sobat cerdas, fotografi itu adalah kegiatan memotret untuk mengabadikan momen kan? Tetapi sebenarnya fotografi memiliki pengertian yang lebih mendalam. Fotografi bukan sekadar memotret, tapi seni mengabadikan momen dengan cara yang menarik dan bermakna. Dalam dunia bisnis, khususnya penjualan produk, fotografi punya peran penting untuk menarik perhatian calon pelanggan. Foto produk yang baik bukan hanya memperlihatkan barang yang dijual, tapi juga bisa menceritakan kualitas dan keunggulannya. Salah satu kunci utama menghasilkan foto produk yang memikat adalah teknik fotografi yang digunakan. Teknik fotografi mencakup cara kita mengatur pencahayaan, sudut pengambilan gambar, komposisi, hingga penggunaan latar belakang. Semuanya berpengaruh besar pada tampilan akhir foto produk.

 

Teknik fotografi yang tepat bisa membuat produk terlihat lebih profesional, detailnya lebih jelas, warnanya lebih hidup, dan tampilannya lebih menarik. Dengan foto produk yang memikat, pelanggan akan lebih mudah tertarik dan percaya untuk membeli. Karena itu, menguasai teknik fotografi yang sederhana namun efektif sangat penting bagi siapa saja yang ingin memaksimalkan tampilan produknya. Sesuai dengan judul artikel kali ini. Admin mau membagikan teknik fotografi yang dapat membantu sobat cerdas khususnya pengusaha UMKM, Digital Marketing, Content Creator dan pada food hunter.

 

TEKNIK FOTOGRAFI YANG DAPAT MEMBUAT TAMPILAN PRODUK LEBIH MENARIK

1. Pencahayaan yang baik

                   Ilustrasi Pencahayaan yang baik (canva.com)

 

Cahaya adalah kunci utama dalam fotografi. Pencahayaan yang baik sangat berpengaruh terhadap hasil foto produk yang maksimal. Kesesuaian cahaya dalam sebuah foto juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu gelap, dapat membuat produk yang terlihat buram dan warna yang muncul tidak jelas. Gunakan cahaya alami dari jendela atau tambahan lampu softbox untuk menghasilkan pencahayaan yang merata. Cahaya yang digunakan bisa dari berbagai macam sumber seperti cahaya alami (matahari) dan cahaya buatan (ringlight, lampu utama dll). Pastikan tidak ada bayangan yang mengganggu agar detail produk terlihat jelas.

 

2. Latar belakang yang bersih

 

                                 Ilustrasi Latar Belakang yang Bersih (canva.com)

 

Setelah menempatkan produk pada pencahayaan yang baik. Langkah selanjutnya adalah pastikan latar belakang produk yang ingin di foto bersih. Latar belakang tidak harus latar belakang polos seperti putih, abu-abu atau hitam dll. Jika memungkinkan, usahakan latar belakang yang digunakan rapi dan tertata. Sobat Cerdas juga bisa menggunakan efek bokeh apabila menginginkan hanya produk saja yang ingin difokuskan. Latar yang terlalu ramai bisa mengalihkan perhatian dari produk yang ingin ditonjolkan.

 

3. Ketajaman Fokus

                                                                 Ilustrasi Ketajaman Fokus (canva.com)

 

Setelah mengaplikasikan 2 teknik diatas, langkah selanjutnya ialah pemotretan. Agar hasil foto yang sobat cerdas hasilkan terlihat bagus, objek yang di pilih harus terlihat fokus. Followers akan mudah mengenali produk/brand yang dijual apabila foto tampak fokus pada 1 objek utama. Saat ini rata-rata smartphone telah memiliki fitur auto fokus yang bisa membantu sobat cerdas untuk mengatur fokusnya. Tambahkan elemen pendukung seperti bunga, kain, atau aksesoris yang relevan dengan produk. Namun, jangan sampai properti mengganggu fokus utama. Fungsinya hanya untuk memperkuat cerita visual produk.

 

4. Sudut Pengambilan Foto

 

                                                               Ilustrasi Sudut Pengambilan Foto (canva.com)

 

Sudut Pengambilan gambar atau angle foto menentukan ketertarikan followers dan calon konsumen terhadap produk yang dipasarkan. Ambil foto dari sudut yang berbeda, seperti eye-level (sejajar mata), high-angle (dari atas), atau low-angle (dari bawah). Sudut pengambilan gambar yang kreatif akan membuat produk tampil lebih estetik dan menarik perhatian. Pastikan gambra yang akan diambil terkomposisi dengan baik. Letakkan produk di titik-titik strategis sesuai aturan "rule of thirds" (membagi gambar menjadi 9 bagian sama besar). Komposisi ini membuat foto terlihat lebih seimbang dan enak dipandang.

 

Nah itu dia 4 teknik fotografi yang harus sobat cerdas pelajari untuk membuat prduk terlihat lebih menarik. Menguasai teknik fotografi sederhana dapat memberikan pengaruh besar terhadap tampilan produk yang ditampilkan.

 

Pencahayaan yang tepat, sudut pengambilan gambar yang menarik, latar belakang yang bersih, komposisi yang seimbang, serta properti pendukung yang sesuai dapat membuat produk terlihat lebih profesional, menarik, dan memikat pelanggan. Dengan sedikit usaha dan kreativitas, foto produk tidak hanya akan tampil lebih menarik, tetapi juga mampu meningkatkan minat pembeli.

Tertarik daftar pelatihan di LPK Pabrik Cerdas CommIT?

Silahkan klik tautan dibawah ini

https://bit.ly/DAFTARPELATIHANKELASPCC

Sampai jumpa di ruang pelatihan sobat cerdas